Senin, 15 Juni 2009

Windows XP

Sistem operasi Windows XP yang ditujukan untuk pengguna rumahan. Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara Windows XP Home Edition dengan Windows XP Professional, karena basis pembuatannya yang sama. Perbedaan yang diberlakukan terhadap versi Windows ini adalah dukungan jaringan, di mana Windows XP Home Edition tidak didesain untuk sistem dengan banyak pengguna, seperti halnya Windows XP Professional. Fitur jaringan yang tidak ada pun sangat banyak, di antaranya tidak dapat bergabung dengan sistem domain Active Directory, tidak memiliki sistem berkas terinkripsi, tidak dapat menjadi sebuah server (meski mampu membuat beberapa berkas dan folder yang dikelolanya dapat digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus), dan tidak memiliki fitur Internet Connection Sharing (ICS), dan masih banyak yang lainnya.

Windows XP Home Edition ditujukan untuk menggantikan versi Windows sebelumnya, yaitu Windows 98 dan Windows ME, karena kedua versi Windows tersebut tergolong ke dalam kelas Windows untuk pengguna rumahan.

Kelebihan:
- Kompatibel dgn berbagai software.
- Harga tinggi.
- Tampilan friendly dan soft.
- Proses akselerasi tidak stabil.
- Pengunaan bahasa umum dan luas.
- Keamanan tdk aman, sering diserang.
- Lebih stabil dan tahan terhadap error
- manajemen hardware yang jauh lebih baik daripada sistem windows 9x
- manajemen file system yang sangat baik dan lebih aman (menggunakan NTFS)
- tidak mudah crash jika terjadi error pada satu program
- saat ini kompatibel dengan hampir seluruh program yang dibuat untuk Windows.

Kekurangan:
- mengikuti pendahulunya, Windows XP masih sangat rentan untuk diserang hacker dan trojan.
- membutuhkan RAM minimal 512 MB agar komputer lebih nyaman digunakan
-Selalu terbundel dengan Internet Explorer, Media Player dan software yang tidak jelas (kurang penjelasan maksud dan tujuannya untuk pengguna awam tetapi selalu ada dalam installasi windows XP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar